Ayobelajarsains.com adalah media media yang bertujuan untuk memfasilitasi dan menjembatani semua pihak mulai dari akademisi, pengamat dunia pendidikan, guru dan murid untuk belajar sains. Kami bukan sebuah perusahaan atau instansi atau pun komunitas, Ayobelajarsains.com murni hanya sebuah media yang membagikan infomasi seputar dunia pendidikan khususnya pada bidang sains, teknologi dan pendidikan sains bagi semua pembaca yang terdaftar di website ayobelajarsains juga dapat ikut serta membagikan informasi.

Pemahaman terhadap sains diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan kemampuan dalam berinteraksi dengan dunia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan literasi sains sudah menjadi tujuan dalam pendidikan sains secara menyeluruh (Neumman et al., 2013). Programme for International Student Assessment (PISA) merupakan studi internasional yang diselenggarakan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) menilai literasi siswa berumur 15 tahun. PISA mendefinisikan literasi sains sebagai penggunaan pengetahuan untuk mengidentifikasi pertanyaan, menemukan pengetahuan baru, menjelaskan fenomena alam dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti yang ada terkait tentang isu-isu sains (OECD, 2007). Indonesia mengikuti studi PISA sebagai peserta sejak tahun 2000, 2003, 2006, 2009, dan 2012 dengan hasil literasi sains sebagai berikut 393, 395, 395, 383, 382. (OECD, 2003; 2004; 2007; 2010; 2014). Indonesia berada pada level 1 (dari 6 level yang ada) yang memiliki rentang nilai 258-420. Pada level 1 siswa memiliki kemampuan ilmiah yang terbatas, siswa dapat menjawab pertanyaan yang melibatkan konteks yang sering mereka temui dimana informasi yang relevan dan pertanyaan dengan jelas dituliskan (OECD, 2004). Berdasarkan hasil capain tersebut, kita memperoleh informasi bahwa kemampuan literasi sains siswa masih sangat rendah. Siswa secara umum belum menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menghadapi permasalahan yang kompleks pada kehidupan nyata (Tobing, 2016).

Harapan kami, kehadiran ayobelajarsains.com ini dapat digunakan sebagai wadah bertukar informasi seputar sains dan teknologi yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan literasi masyarakat khususnya di dunia pendidikan pada bidang sains dan teknologi. Oleh sebab itu, dengan adanya media ayobelajarsains.com semua pihak dapat saling mendukung sesuai dengan visi ayobelajarsains.com yaitu mengkampanyekan semangat untuk belajar sains sehingga literasi masyarakat khususnya generasi muda lebih baik dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Tentang Slogan “Ayo Belajar Sains” bukan merupakan brand atau merk yang kami claim secara sepihak, karena tujuan penggunaan slogan ini hanya untuk mengajak masyarakat dan penggiat dunia pendidikan semakin giat dalam membagikan dan membaca informasi seputar sains dan teknologi.

Sumber Rujukkan:

Neumann, K., Viering ,T.,  Boone, W. J., dan Fischer, H.E., (2012). Towards a Learning Progression of Energy. Journal Of Research In Science Teaching . 50(2), hal 162–188

OECD. (2006). PISA 2006 Science competencies For tomorrow’s world. OECD Publishing

OECD. (2007). PISA 2006 Science competencies For tomorrow’s world. OECD Publishing.

OECD. (2013).  PISA 2015 Draft Science Framework. OECD Publishing.

OECD. (2014). PISA 2012 Results: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. OECD Publishing.

Tobing, Y. L. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar IPA Bermuatan Nature of Science pada Topik Pemanasan Global dan Perubahan IklimTesis pada Pendidikan IPA SPS UPI: tidak diterbitkan.

 

Salam Hangat dari Kami

Ayobelajarsains.com