no comments

KIMIA LINGKUNGAN

Ayobelajarsains.com| Seperti yang kita ketahui bahwa secara langsung dan tidak langsung perkembangan teknologi dan industri dapat berdampak positif atau negatif bagi kehidupan manusia. Apa sih pengertian dampak positif dan negatif itu sendiri? Dampak positif (menguntungkan) dari perkembangan teknologi dan industri adalah dampak yang diharapkan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kenyamanan hidup. Sedangkan dampak negatif (merugikan), yaitu dampak yang dapat menurunkan kualitas/kenyamanan hidup. Dampak ini tidak diharapkan karena menimbulkan masalah yang harus diatasi, yaitu masalah kerusakan atau pencemaran lingkungan.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Sudahkan anda tahu apa itu pencemaran lingkungan? Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalam lingkungan (keseimbangan lingkungan) baik keadaan struktur maupun fungsinya sehingga dapat mengganggu kesejahteraan/kelangsungan hidup manusia. Dapatkah anda menyebutkan pencemaran lingkungan terjadi dimana saja? Pencemaran lingkungan meliputi pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah (daratan).

Lalu, Apa sih penyebabnya sehingga lingkungan disekitar kita tercemar? Berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lingkungan tercemar:

  1. Kecepatan hilangnya senyawa tertentu dari lingkungan lebih besar daripada kecepatan
    masuknya senyawa pengganti.
  2. Rusaknya atau putusnya alur siklus biokimia.
  3. Kecepatan masuknya senyawa ke dalam lingkungan lebih besar daripada kecepatan
    pengambilannya.
  4. Masuknya senyawa yang tidak terdegredasi ke dalam lingkungan.

Secara sederhananya, bahwa pencemaran lingkungan terjadi karena ulah manusia.Berikut ini secara sederhana duar pencemaran lingkungan.

Daur Pencemaran lingkungan

Pencemaran Udara

Bagaimana pencemaran udara dapat terjadi? Seperti yang kita ketahui bahwa Udara akan tercemar jika ada bahan-bahan atau zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan atau komposisi udara dari keadaan normalnya.

Penyebab Pencemaran Udara

Secara umum, pencemaran udara dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal atau faktor yang terjadi secara alami dan faktor eksternal, faktor yang disebabkan oleh ulah manusia.

Faktor internal (secara alamiah), misalnya:

  1. debu beterbangan oleh tiupan angin
  2. abu atau debu dan gas-gas volkanik dari letusan gunung berapi
  3. proses pembusukan sampah

Faktor eksternal (karena ulah manusia), misalnya

  1. pembakaran bahan bakar fosil
  2. debu atau serbuk dari kegiatan industri
  3. pemakaian zat-zat kimia yang disemprotkan ke udara

Sumber pencemaran udara dapat bersumber dari transportasi, industri, pembuangan sampah, pembakaran stasioner, dan lain-lain. Sedangkan komponen pencemar udara adalah sebagai berikut Karbon monoksida (CO), Oksida nitrogen (NOx), Oksida belerang (SOx), Hidrokarbon, Partikel (particulate), dan lain-lain.

Cukup dulu ya pembahasan kita, dilain kesemapatan akan dibahas lebih jauh lagi. Terimakasih

 

Reply